Wajah De Majestic Bandung akan Dikembalikan

De Majestic Bandung. Itulah nama sebuah gedung yang berlokasi di Jalan Braga Pendek, Kota Bandung, Jawa Barat.

Di masa lampau, gedung itu mencapai kejayaannya. Bahkan gedung itu merupakan bioskop pertama di Indonesia. Sehingga di masa itu, masyarakat Kota Bandung terbiasa menonton film di gedung tersebut.

Gedung berlokasi di area heritage Kota Bandung. Bangunannya tak jauh dari Gedung Asia Afrika dan Masjid Museum Alun-alun.

Adalah Wolf Schoemaker yang membangun gedung tersebut pada 1925. Ia merupakan guru besar Technische Hoogeschool te Bandoeng atau sekarang dikenal dengan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Seiring waktu, popularitas De Majestic memudar. Kemunculan bioskop di Kota Bandung ‘menyingkirkan’ pesona De Majestic.

Lalu pada 2002, Pemerintah Kota Bandung merevitalisasi gedung menjadi area pertunjukan dan kesenian. Nama gedung pun berganti menjadi Asia Afrika Cultural Centre (AACC).

Enam tahun kemudian, gedung bersejarah itu menjadi saksi sejarah kelam dunia musik. Sebanyak 10 orang tewas saat menonton konser musik band metal asal Kota Bandung, Beside. Jumlah penonton melebihi kapasitas gedung.

Aktivitas gedung terhenti. Lalu pada 2010, Pemerintah Kota Bandung merevitalisasi bangunan dan mengganti namanya menjadi New Majestic.

Kini, Perusahaan Daerah Jasa dan Pariwisata (PD Jawi) Jawa Barat berusaha mengembalikan wajah De Majestic. Pemprov pun berniat menghidupkan kembali pertunjukan seni dan budaya Sunda di bangunan tersebut.

“Gedung bersejarah dengan nilai tinggi bisa kembali menghadirkan pertunjukan budaya tentang budaya Sunda,”

kata Direktur Utama PD Jawi, Ade Didik Isnandar.

Menurut Didik, budaya dan seni Sunda bisa menjadi destinasi wisata. Sehingga budaya dan seni Sunda pun dapat terus dilestarikan.

Didik memastikan tidak akan merubah penampilan gedung tersebut terutama pada bagian dalam. Pasalnya De Majestic sudah menjadi Benda Cagar Budaya yang tertuang pada Undang-undang Nomor 5 Tahun 1992.

“Kita tidak akan mengubah apapun gedung ini, karena ini heritage ada Undang-undang yang mengatur. Intinya visi kedepan adalah gedung ini akan dijadikan ikon sebagai broadway Braga,” tegasnya.

(RRN)

sumber: http://jabar.metrotvnews.com/peristiwa/8N0Y1r5b-wajah-de-majestic-bandung-akan-dikembalikan

Related Post